Jumat, 23 April 2010

Energi 5 Elemen Dan Asam Urat


Makanan Sehat 5 Elemen Untuk Pengobatan Asam Urat, Kesehatan Kaki, Dan Tangan

Oleh : Aleysius H. Gondosari
Penyakit asam urat atau Gout Arthritis umumnya menyerang orang-orang yang sudah berumur. Hal ini biasanya ditandai dengan bengkak dan kaku pada sendi-sendi, baik pada kaki maupun pada tangan. Biasanya dimulai dari jari-jari kaki. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Asam urat berasal dari sisa metabolisme zat purin dari makanan dan seharusnya terbuang melalui urin. Purin adalah protein dari golongan nukleoprotein. Asam urat yang tidak terbuang akan masuk ke dalam darah sehingga kadar asam urat pada darah akan naik. Selanjutnya akan terjadi endapan kristal asam urat. Bila endapan terjadi pada ginjal, akan terbentuk batu asam urat ginjal atau dikenal sebagai batu ginjal. Bila terjadi endapan kristal asam urat pada cairan sendi yang masuk ke rongga-rongga sendi, akan mengakibatkan peradangan atau gout pada sendi-sendi.
Asam urat ini dahulu dikenal sebagai penyakit orang kaya, karena zaman dahulu penyakit ini banyak menyerang orang kaya yang senang minum alkohol, makan makanan enak seperti daging, kaldu, hati, jeroan, otak dll. Saat ini asam urat merupakan jenis rematik sendi terbanyak yang menyerang penduduk Indonesia, karena perubahan pola makan.

Analisa Energi 5 Elemen Pada Asam Urat :

Dari analisa energi 5 Elemen, pola energi asam urat dimulai dari menurunya energi elemen Air, dan disusul dengan menurunya energi elemen Bumi. Hal ini berarti terjadi gangguan pada ginjal sehingga asam urat tidak bisa dibuang seluruhnya melalui urin, dan mengendap pada sendi-sendi di kaki dan tangan.
Selanjutnya, energi elemen Bumi akan menurun terus karena bertambahnya endapan zat beracun, dan disusul dengan penurunan energi elemen Air karena terganggunya fungsi ginjal atau terbentuknya batu ginjal.
Jadi endapan racun asam urat perlu dibersihkan dari elemen Bumi dan elemen Air, yaitu dari kaki dan ginjal.

Makanan Sehat 5 Elemen Untuk Asam Urat :

Untuk menurunkan endapan racun, maka asam urat perlu dibersihkan dari ginjal dan sendi pada kaki dan tangan. Berdasarkan energi 5 Elemen, makanan sehat yang cocok untuk asam urat berturut-turut adalah :
  1. Wortel : mempunyai energi pembersih racun untuk elemen Bumi, yaitu organ kaki dan tangan. Selain itu wortel juga mempunyai energi pelancar untuk melancarkan energi mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi.
  2. Lobak Putih : mempunyai energi pembersih racun untuk elemen Bumi, yaitu organ kaki dan tangan, dan untuk elemen Air, yaitu organ ginjal. Selain itu, lobak putih juga mempunyai energi pelancar mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi.
  3. Bengkuang : mempunyai energi pembersih racun untuk elemen Air, yaitu organ ginjal, kandungan, dan prostat. Bila ginjal lebih bersih, maka kemampuan ginjal untuk membersihkan asam urat pada sisa metabolisme juga akan meningkat. Selain itu, bengkuang juga mempunyai energi pelancar untuk melancarkan energi mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi.
  4. Air Kelapa Tua : mempunyai energi penyehat dan energi penguat untuk elemen Air, yaitu organ ginjal.
  5. Daun Katu : mempunyai energi penyehat untuk elemen Air, yaitu organ ginjal.
  6. Terong : mempunyai energi penguat untuk elemen Air, yaitu untuk organ ginjal, kandungan, dan prostat.
  7. Pepaya : mempunyai energi penyehat untuk elemen Air, yaitu untuk organ ginjal.
Sebaiknya makanan-makanan ini dimakan dalam kondisi segar. Bila tidak bisa dimakan segar, maka dapat dikukus, direbus, atau ditumis. Tetapi energi kesehatan-nya akan berkurang dibandingkan dengan kondisi segar.

Makanan Yang Perlu Dihindari :

Makanan tidak sehat yang perlu dihindari adalah :
  1. Daging binatang kaki empat : jeroan, hati, kaldu, otak
  2. Daging binatang kaki dua
  3. Telur
Minuman tidak sehat yang perlu dihindari adalah :
  • Minuman beralkohol

Salam Sehat Selalu

www.5elemen.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar