Jumat, 23 April 2010

5 Elemen Dan Rahasia Kesehatan


Energi 5 Elemen Dan Rahasia Kesehatan

Oleh : Aleysius H. Gondosari
KESEHATAN berdasarkan ENERGI 5 ELEMEN merupakan ilmu kuno yang sudah lama digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Di India, salah satu ilmu pengobatan yang menggunakan prinsip 5 Elemen ini adalah Ayurveda. Yang dimaksud dengan kelima elemen tersebut adalah ether, udara, api, air, bumi. Ini sebenarnya hanya penamaan saja, karena yang dimaksudkan di sini adalah bentuk-bentuk dari materi dan energi.

Materi, Energi, Dan Bentuk-Bentuk Energi 5 Elemen :

Einstein telah membuat rumus persamaan Materi dan Energi, di mana materi dan energi sebenarnya adalah sama, hanya bentuknya berbeda. Para ilmuwan dan filsuf zaman dahulu membuat tingkatan materi dan energi dalam istilah yang lebih spesifik, yaitu dalam bentuk Energi 5 Elemen.
Bentuk-bentuk Energi 5 Elemen, yaitu bumi, air, api, udara, dan ether adalah sebagai berikut. Bumi adalah energi dalam bentuk paling padat, yaitu dapat dilihat, dirasakan, dan dapat dipegang. Air adalah energi dalam bentuk cair, dapat dilihat, dirasakan, dan dapat dipegang, dan dapat berubah bentuk. Api adalah energi dalam bentuk yang lebih halus, dapat dilihat, dirasakan, tetapi tidak dapat dipegang, dan mudah berubah bentuk. Udara adalah bentuk energi dalam bentuk yang lebih halus lagi, dapat dirasakan, tetapi tidak dapat dilihat, dan tidak dapat dipegang. Misalnya : emosi atau perasaan yang lebih halus dan lebih tinggi. Ether adalah entuk energi dalam bentuk yang paling halus, hanya dapat disadari, tetapi tidak dapat dirasakan, tidak dapat dilihat, dan tidak dapat dipegang. Contohnya adalah imajinasi, ide, konsep, sistem, pemikiran.
Di atas Energi 5 Elemen ini, ada energi yang lebih tinggi dan lebih halus, yaitu ENERGI KESADARAN, berupa kesadaran jiwa dan pikiran.

5 Elemen Dan Organ Tubuh Manusia :

Penjelasan mengenai Energi 5 Elemen dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut. Ether mewakili organ di daerah kepala dan tenggorokan. Udara mewakili organ di daerah dada, yaitu paru-paru, jantung, tangan, dan organ lainnya di daerah dada. Api mewakili organ di daerah perut, yaitu organ pencernaan dan hati. Air mewakili organ di daerah bawah perut, yaitu organ reproduksi dan ginjal. Sedangkan bumi mewakili organ paling bawah, yaitu kaki.

Energi 5 Elemen Dan Efeknya Pada Kesehatan :

Apakah efek kesehatan bila Energi 5 Elemen ini terganggu atau berkurang ? Bila energi ether dalam tubuh kita berkurang, maka organ di daerah tenggorokan atau kepala akan sakit. Bila energi udara yang kurang, maka organ di daerah dada kita akan sakit. Demikian pula dengan energi lainnya. Bila energi api kurang, maka organ pencernaan kita akan sakit. Bila energi air kurang, maka organ reproduksi atau ginjal akan sakit. Bagaimana bila energi bumi yang kurang ? Bagian dari kaki kita akan mulai terasa sakit.

Penyebab Berkurangnya Energi 5 Elemen :

Apa yang menyebabkan kita tidak menyadari bila ada salah satu atau beberapa Energi 5 Elemen dalam tubuh kita berkurang ? Seringkali energi 5 elemen ini tidak berkurang secara mendadak, tetapi secara perlahan-lahan. Hal ini menyebabkan kita tidak sadar akan organ di daerah tertentu yang mulai sakit. Ketika sudah mencapai batas, tiba-tiba saja kita merasa ada organ tubuh yang sakit. Contoh umum adalah penyakit stroke atau kanker, yang seringkali tidak disadari keberadaannya sejak awal.Berkurangnya energi ini bisa disebabkan beberapa hal, yaitu :
  1. Aliran Energi 5 Elemen yang salah
  2. Energi 5 Elemen yang tidak seimbang
  3. Makan makanan yang tidak mengandung Energi 5 Elemen, bersifat mengurangi energi, atau menghambat energi
  4. Tidak melakukan olahraga atau gerakan yang membantu kelancaran Energi 5 Elemen
  5. Stres yang mempengaruhi pikiran dan emosi, sehingga kelancaran, keseimbangan, dan kekuatan Energi 5 Elemen terganggu dan berkurang
  6. Pengaruh lingkungan seperti pekerjaan, kantor, rumah, yang mengganggu pikiran dan emosi, sehingga mempengaruhi Energi 5 Elemen dalam tubuh
Dalam tulisan berikutnya, kita akan membahas masalah ini satu persatu.

Bagaimana Memperbaiki Energi 5 Elemen ?

Pertanyaan berikutnya, apa sajakah yang dapat membantu kita untuk membuat Energi 5 Elemen lebih lancar, lebih seimbang, dan lebih kuat ? Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan, yaitu :
  1. Makan makanan yang sehat dan segar yang membantu kelancaran, keseimbangan, dan memperkuat Energi 5 Elemen, misalnya : buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan herbal
  2. Hidup dalam lingkungan yang sehat, yaitu udara sehat, air sehat, dan sinar matahari yang cukup.
  3. Melakukan olahraga dan gerakan yang membantu kelancaran dan keseimbangan Energi 5 Elemen, misalnya Yoga Asanas
  4. Melakukan gerakan pijat refleksi yang tepat sehingga membantu kelancaran dan keseimbangan Energi 5 Elemen, misalnya Pijat Jari Tangan
  5. Doa dapat membantu kelancaran, keseimbangan, dan memperkuat Energi 5 Elemen
  6. Meditasi yang benar dapat membantu kelancaran, keseimbangan, dan memperkuat Energi 5 Elemen
  7. Sikap hidup yang benar, baik, optimis, dan seimbang, dapat membantu kelancaran, keseimbangan, dan memperkuat Energi 5 Elemen melalui spiritual, pikiran dan emosi yang lebih stabil
Kita juga akan membahas semua hal ini dalam tulisan-tulisan berikutnya.

Salam Sehat Selalu

www.5Elemen.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar