Senin, 16 Februari 2015

Tuhan punya cara supaya kita bertobat!



24  Januari 2015  
Keluaran  9:  8-12
                              
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun:  “Ambillah jelaga dari dapur peleburan serangkup penuh, dan Musa harus menghamburkannya ke udara di depan mata Firaun. Maka jelaga itu akan menjadi debu meliputi tanah Mesir, dan akan menjadi barah yang memecah sebagai gelembung, pada manusia dan binatang di seluruh tanah Mesir” (Keluaran 9: 8-9)
       Ketika kita bersalah dan ditegur. Apa yang terjadi bila kita tidak mau mendengarkan nasehat atau teguran dari orangtua, guru atau teman?
       Firaun tidak mau melepaskan bangsa Israel, Ia  tetap mengeraskan hatinya. Tuhan memberi perintah menghukumnya dengan memberi sakit barah (sakit bisul yang sangat parah dan mematikan) pada manusia dan binatang di Mesir.
        Walaupun Musa sudah memperingatkan Firaun , tetapi Firaun tetap  berkeras hati atau menolak melepaskan bangsa Israel. TUHAN  adalah Allah yang sangat berkuasa, Dia punya banyak cara supaya  Firaun mau bertobat, mengikuti kehendakNya. Dia memberi tulah berupa penyakit barah.
        Ando menyontek di ulangan IPA, padahal Ando sudah ditegur oleh Jodi teman sebangkunya untuk tidak menyontek. Ando tidak mau mendengarkan teguran temannya. Akibatnya Ando ketahuan menyontek oleh Guru dan ulangannya diberi nilai nol. Dan Guru juga melaporkan ketidakjujuran Ando kepada orangtuanya. Ando mendapatkan hukuman dari Guru dan orangtuanya juga marah.
       Dari contoh Ando di atas, kita tahu bahwa Tuhan punya banyak cara supaya Ando bertobat (menjadi anak Tuhan yang baik). Ketika kita berbuat salah dan dosa, maka Tuhan memberi  hukuman atau konsekuensi yang harus kita hadapi. Seperti Ando di atas hukumannya atas ketidakjujurannya, Ando mendapat nilai ulangan nol dan juga dimarahin orangtuanya. Tuhan memberi hukuman atau konsekuensi bukan karena benci tetapi Tuhan sangat sayang kepada adik-adik.  Tuhan   mau adik-adik menjadi anak Tuhan yang baik, berlaku jujur.    (DSM)
Doa:  Tuhan Yesus yang baik, tolong aku untuk selalu menjadi anak Tuhan yang baik dengan mau mendengarkan teguran  supaya aku tidak melakukan kesalahan dan dosa  .Terimakasih Tuhan Yesus  , Amin          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar